PTK MAKALAH TESIS

Just another WordPress.com weblog

  • penanggalan

    Juni 2009
    S S R K J S M
         
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • PTK

    Banyak Guru Yang bingung engan PTK, dua tahun kemarin tiak begini.. ternyata syarat fortopolio sertifikasi menjadikan mereka ingin membuat ptk, tapi jika gak bisa??? pasti ada solusi. Blog's ini SLUSINYA
  • rekor TOP

    • Tidak ada
  • KATA KAMU

    Mr WordPress on Hello world!

MAKALAH : PENGOLAHAN SATU KACANG HIJAU

Posted by ptkmakalah pada Juni 19, 2009

PENGOLAHAN
SATU KACANG HIJAU

Oleh :
…………………………

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI ……

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Tumbuhan atau tanaman yang ada disekitar kita banyak yang sangat bermanfaat dan ada juga yang merugikan bagi kehidupan manusia. Salah satu tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah tanaman kacang hijau.
Kacang hijau sangat banyak manfaatnya, kita bisa mengolahnya menjadi kue satu kacang hijau. Cara pembuatannya juga mudah serta bahan-bahnnya mudah di dapat.
Pengolahan kue satu kacang hijau sebagai bahan konsumsi belum banyak di kenal secara luas. Hal ini dikarenakan kue satu kacang hijau jarang dijual secra komersial di pasaran. Padahal kandungan nilai zat gizi yang dimilikinya cukup tinggi dan layak untuk dikonsumsi masyarkat luas. Untuk itu perlu adanya divcrtifikasi produk pengolahan bahan baku kue satu tersebut agar dapat meningkatkan nilai tambah serta memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.
Pengembangan divesifikasi produk hasil kue satu perlu dilakukan agar dapat menarik minat konsumen sehingga dapat memperluas pemasaran produk tersebut. Untuk dapat meningkatkan minat konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memalui variasi bahan kue satu dengan berbagai macam bentuk.
Kue satu merupakan produk makanan kering yang menjadi jajanan khas. Pada hari-hari besar seperti hari raya idul fitri banyak masyarakat yang membeli kue satu sebagai hidangan untuk menyambut para tamu. Bukan hanya saat hari-hari besar, tapi pada hari biasapun banyak masyarakat yang membeli kue satu sebagai camilan dirumah.
Sebagai langkah upaya meningkatkan produk kue satu, maka dalam penelitian ini akan dilakukan kemungkinan proses pembuatan kue satu kacang hijau sehingga layak dikonsums serta memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan pemasarannya.

1.2.Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan dimuka, pembatalan masalah sebagai berikut:
1.Apakah kacang hijau dapat menjadi produk olahan yang berupa kue yang memenuhi kebutuhan gizi dengan prosedur pengolahan yang tepat?
2.Apakah kue satu kacang hijau dapat menjadi aternatif baru sebagai produk olahan yang menarik konsumen dan menumbuhkan industri perikanan secara ekonomis.

1.3.Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :
1.Mempelajari proses pembuatan kue satu sebagai selaah satu upaya pemanfaatan kacang hijau dalam diversifikasi produk hasil pengolahan kacang hijau.
2.Mengetahui kandungan gizi yang ada dalam kue satu melalui penelitian ini.
3.Mengetahui cara-cara pembuatan kue satu.

BAB II
TINJAUN PUSTAKA

2.1.Identifikasi dan Manfaat Kacang Hijau
Kacang hijau atau proseolus aureus berasal dari famili leguminosea alias polong-polongan. Sebagai makanan, tanaman tersebut dapat menghasilkan berbagai masakan, mulai dari aneka panganan kecil, bubur sampai kolak. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi Penting
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan maslah kelebihan berat badan.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24 %. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangna adalah alternative sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein dank arena kacang- hijau kaya ajan protein, maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium Fosfor
Kandungan kalsium dna fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak rendah
Sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hikau menyebabkan bahan makanan hijau tersusun dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27 % asam lemak jenuh. Umumnya kacan-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting utnuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)
Untuk pertumbuhan. Awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri, selanjutnya dibuktikan vitamin B1 juga bermanfaat juga untuk membantu proses pertumbuhan. Definisi vitamin B dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengnadung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pada pertumbuhan tubuh dapat diperbaiki.

Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
Secara tidak langsung, peran tersebut sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan tubuh. Peelitian menunjukan bahwa definisi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan sehingga kemungkinan besar makanan tersebut tidak data diserap dengan baik.

Sumber energi
Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohodrat utnuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecahkan karbohidrat.

Memaksimalkan kerja syaraf
Tanda-tanda awal mereka yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi kabohodrat terhambat. Penelitian ada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal itu mirip dengan tanda-tanda orang sedang stress.

Vitamin B2 (riboflavin)
Membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan priotein di dalam tubuh. Kehadiran Vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Tidak kalah dengan kacangnya, kacambah kacang hijau juga memiliki manfaat antara lain:
Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dna memperlancar pencernaan. Karena bersifat alkalis (basa)
Untuk kecantikan, yaitu membantu meremakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

BAB III
METHODELOGI PENELITIAN

Penelitan kue satu kacang hijau ini kami sudah lakukan satu kali. Dalam penelitian ini kami juga melakukan percobaan pada kue satu. Penelitian kami lakukan pada hari selasa, 25 November 2008. Pada penelitian ini kami memperoleh informasi dengan cara mewawancarai orang yang mempunyai keahlian dalam mengolah kacang hijau dan yang memproduksi kacang hijau ini menjadi kue satu kacang hijau.

BAB IV
CARA PEMBUATAN

4.1.Bahan dan Alat
4.1.1.Bahan
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kue satu kacang hijau ini sangat mudah didapat da herganya juga terjangkau. Bahan-bahannya antara lain: ½ kg kacang hijau, ½ kg gula pasir yang sudah digiling, tepung beras ½ kg, vanily secukupnya dan air secukupnya.
4.1.2.Alat
Peralatan yagn digunakan untuk pembuatan kue satu ini sangat sederhana yaitu loyang, penggorengan, alat penggorengan, cetakan kue, baskom, penggilingan dan lain-lain.

4.2.Prosedur Pembuatan Kue Satu Kacang Hijau
Proses pengolahan kue ini sangat mudah dan sederhana.
Tahap pembautan kerupuk sebagai berikut.
Kacang hijau digoreng sangarau (tanpa minyak) sampai kecoklatan pada penggorengan yang terbuat dari tanah liat. Setelah berwarna kecoklatan, kacang hijau didinginkan sebentar setelah dingin kacang dikupas kulitnya sampai bersih. Lalu dicuci dengan air sampai bersih dan sampai kadar airnya mencukupi, jangan terlalu basah atau kering. Setelah dikeringkan kacang digiling bersama gula pasir yang sudah digiling (lembut). Selanjutnya dituangkan dalam baskom, tambahkan tepung beras kedalam campuran gula dan kacang hijau yang sudah digiling, dan tambahkan juga bubuk vanily secukupnya. Setelah itu diaduk sampai bercampur. Kemudian adonan dimasukan kedalam cetakan kue yang ada, semudian ditata diatas loyang dan dipanggang tunggu sampai kering dan keras.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1.Kesimpulan
Dapat kami simpulkan kue satu kacang hijau ini cara pembuatannya tidak telalu rumit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat. Kue ini juga mengandung gizi yang sangat tinggi da memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang Hijaunya sendiri selain bisa dibuat kue juga bisa dibuat berbagai masakan aneka panganan kecil, bubur sampai kolak.

5.2.Saran
1.Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut
2.Perlu diadakan pendekatan dengan pemerintah setempat agar kami dapat dengan mudah mempromosikan produk ini.

DAFTAR PUSTAKA

Gunadi, Tateng, S.Pd. 2007 Bahasa Indoensia. Bogor; Arya Duta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: